Lukisan Pemecah Rekor Terjual Rp 6 Triliun Bukan Karya Da Vinci?

Sekitar 60 tahun lalu, pada Juni 1958, koleksi indah di Old Masters dijual melalui balai lelang Sotheby’s di London.Karya-karya tersebut berasal dari Koleksi Cook yang dikumpulkan oleh penjual aristokrat Sir Francis Cook. Ia sendiri bergelar baron sekaligus pelukis mumpuni.Sebanyak 136 lukisan saat itu laku terjual 64.688 pound sterling, setara dengan 1,4 juta pound sterling saat ini.

 

Salvator Mundi

 

Yang paling menyedot perhatian adalah karya pelukis Belanda bernama Caspar Netscher, terjual sekitar 120 ribu pound sterling dalam nilai moneter sekarang.Namun, ada satu karya yang tidak menarik di lot 40, yaitu lukisan potret Kristus dengan judul Salvator Mundi, yang dilukis di atas papan kayu berukuran 46 x 64 sentimeter persegi.

Potret dalam lukisan itu seakan sedang menatap sendu kepada orang yang melihatnya, tangan kanannya terangkat untuk memberi berkat, dan tangan kirinya memegang bola kristal.Sotheby’s saat itu mengatakan bahwa pelukisnya adalah seniman Italia bernama Giovanni Antonio Boltraffio yang berkarya pada akhir abad ke-15 hingga awal abad ke-16.

BANDAR BOLA PIALA DUNIA

Harga jualnya hanya 45 pound sterling (setara dengan 925 pound sterling masa kini). Pembelinya pun seorang kurang terkenal bernama “Kuntz.” Lukisan itu kemudian dibawa menyeberang Samudra Atlantik.

Pada Rabu malam lalu di New York, lukisan itu dilelang lagi. Pelelangan kali ini dilakukan oleh balai lelang Christie’s yang merupakan pesaing Sotheby’s.

Harga akhir pelelangan kali ini bertengger pada US$ 450,3 juta, setara dengan 341 juta pound sterling–-suatu peningkatan harga hingga 7,5 juta kali lebih mahal. Dalam rupiah, nilainya sekitar Rp 6 triliun.Pembeli yang melelang melalui telepon tidak ingin diumumkan namanya. Ia memenangi lukisan itu setelah proses lelang seru selama 19 menit.

Posted By : Lotus-55.com

About Author:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *